Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Warga Transmigrasi Desa Mekar Indah Pilih Jadi Buruh Kebun Sawit

  • Oleh Parnen
  • 17 Februari 2017 - 17:53 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Menjadi buruh pekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Seruyan, sepertinya masih jadi incaran banyak orang.

Seperti yang didapati di Desa Mekar Indah, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan. Di mana puluhan warga transmigrasi di desa itu sekarang sudah banyak beralih profesi dari petani menjadi buruh perkebunan.

"Sudah puluhan orang warga desa sini bekerja di kebunan sawit. Dan itu sudah berlangsung lama," kata Miskam, warga transmigrasi asal Jawa Timur, Jumat (17/2/2017).

Miskam yang kini masih aktif di grup kesenian musik tradisional daerah Siswobudoyo itu, menuturkan, biasanya mereka yang beralih kerja ke perkebunan sawit sebagian ada yang rutin pulang menjenguk ke desa dan ada pula yang memilih menetap tinggal di lokasi perkebunan.

"Karena jalan penghubung sudah nyaman dilintasi dari lokasi ke perusahaan terdekat, buat warga yang kerja sawitan mudah untuk pulang pergi," ujarnya.

Menurut dia, apapun jenis pekerjaan selama itu menjanjikan untuk peningkatan taraf hidup keluarga, tidak ada salahnya untuk dicoba dan ditekuni.

"Ini bukannya sektor pertanian nggak menjanjikan dan menguntungkan loh kalau dijalani. Cuma mungkin mereka punya pilihan dan pendapat masing-masing soal kerjaan. Kita cuma bisa ikut mendoakan hasil yang terbaik, apalagi sesama perantau," ungkapnya. (PARNEN/B-5)

Berita Terbaru