Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Orangutan yang Disita dari Barsel Mengalami Dehidrasi

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 Februari 2017 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dokter hewan Yayasan BOS Nyaru Menteng, Vivi Dwi Santi mengatakan, dua orangutan yang disita dari Jalan Pelita Raya, Buntok, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengalami dehidrasi. Selain itu, tubuhnya juga terlihat kurus.

Diduga, warga yang sempat merawat kurang memberikan makanan terhadap dua orangutan jantan dan betina yang masing-masing diperkirakan berusia 3 tahun tersebut.

"Dari pemeriksaan awal, orangutan ini mengalami dehidrasi ringan. Karena pada saat kita tarik bagian kulitnya, lebih dari tiga detik tidak kembali. Tapi ini masih ringan saja," ucap Vivi saat ditemui Borneonews di halaman BKSDA Kalteng, Sabtu (18/2/2017).

Menurutnya, orangutan jantan yang sempat ia gendong itu diduga sudah lama dipelihara. "Diperkirakan sudah lama. Karena sudah familiar sama manusia. Sedangkan satunya jenis betina, kayanya baru-baru saja. Sebab masih agresif," ungkapnya.

Dia menambahkan, pemeriksaan awal lainnya yang dilakukan tim medis terhadap orangutan tersebut yakni meneliti dari bagian atas sampai bawah. Hal ini untuk memastikan apakah orangutan tersebut mengalami patah tulang atau tidak. "Secara kasat mata, keduanya sehat. Cuma dehidrasi ringan dan agak kurus," tuntasnya. (BUDI YULIANTO/B-8)

Berita Terbaru