Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi C Pernah Sarankan UNBK Bersesi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Maret 2017 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Rusdiansyah menyebut sebelumnya pihak legislator sudah pernah menyarankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilakukan dengan sistem sesi (bergiliran). Hal ini diharapkan bisa membuat seluruh SMP sederajat yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya dapat melakukan ujian dengan standar baru ini.

"Dulunya Komisi C pernah menyarankan, terutama pada jenjang Sekolah Menegah Atas (SMA) sebelum dialihkan pengelolaanya ke Disidik Provinsi. Misalkan saja ketika sekolah berkeinginan besar memaksakan peserta didiknya harus menempuh ujian sistem UNBK, maka bisa berkoordinasi dengan dengan sekolah yang telah siap melaksanakan UNBK. Dalam arti kata bisa berganti dalam memakai peralatannya, ada sesi 1, sesi 2 dan selanjutnya. Hanya saja tentu hal tersebut akan sulit dilakukan, karena harus melaui berbagai sebab akibat," ungkap Rusdiansyah, Kamis (2/3/2017).

Menurut Politisi PKB ini, jika ada sekolah yang sudah siap ikut UNBK karena fasilitas yang dirasa cukup memenuhi jumlah siswa. Namun kendala lain kembali terjadi pada jaringan internet yang tidak memadai.

"Tentu ini bisa saja dilakukan, misalkan hasil jawaban UN peserta didik dikumpulkan lewat perantara Disdik untuk dikirimkan lagi ke server pusat. Tapi lagi-lagi soal ini juga menjadi sulit dilakukan," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru