Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilik Keramba Keluhkan Harga Ikan Murah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Maret 2017 - 03:08 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah pemilik keramba di Kasongan, Katingan mengeluhkan harga ikan budidaya mereka yang dibeli murah oleh pengepul.

Menurut pemilik atau petani keramba ikan di Kasongan sejak seminggu terakhir harga ikan jenis nila hanya dipatok Rp26 ribu per kg atau mengalami penurunan harga sebesar Rp2 ribu rupiah per kg dari sebelumnya.

"Sejak seminggu ini harga ikan ditingkat petani dihargai Rp26 ribu per kilogramnya, dan kami baru tahu kemarin saat satu keramba kami panen," kata Mulyadi salah seorang pemililk keramba ikan di sekiar Jembatan Kasongan, Kamis (2/3/2017).

Mulyadi mengaku jika harga tersebut sebenarnya tidak membuat dirinya dan pemilik keramba ikan lainnya merugi.

Namun dengan Rp26 ribu per kg, maka pemilik keramba hanya bisa mengantangi laba sedikit. "Dengan harga Rp26 ribu per kg itu sebenarnya kita masih ada untungnya tapi sedikit, sebab sekarang harga pakan juga mahal per saknya isi 50 Kg sudah lebih Rp400 ribu," katanya.

Turunnya harga ikan ditingkat petani keramba ini juga membuat pedagang ikan di Pasar Kasongan menurunkan harga jual dari Rp38 ribu per kilo menjadi Rp35 ribu per kilogramnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru