Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debit Air Sungai Meningkat Sebabkan Anjloknya Harga Ikan Keramba

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Maret 2017 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Air Sungai Katingan yang meluap dituding menjadi biang kerok anjloknya harga ikan keramba di Kasongan Kabupaten Katingan.

"Sekarang ikan sungai banjir banyak dijual di pasar, sehingga ikan budidaya dari keramba menjadi kurang diminati menyebabkan harga turun," sebut Dani, seorang pemilik keramba ikan di Kampung Banjar Kelurahan Kasongan Lama, Kamis (2/3/2017).

Pasangnya Sungai Katingan dan sejumlah anak sungai, menyebabkan banyak jenis ikan sungai yang muncul, sehingga tidak jarang warga mencari ikan sungai ini.

"Sekarang di danau atau parit dan sungai kecil gampang mencari ikan sungai itu, misalnya seperti haruan (gabus), kapar, sepat, seluang dan ikan sungai lainnya," katanya.

Sehingga masyarakat yang rindu dengan masakan ikan sungai, untuk sementara waktu membeli ikan sungai itu dibanding ikan budidaya dari keramba. "Menurut kami salah satu faktornya yaitu banyaknya ikan sungai yang dijual di pasar, sehingga ikan budidaya peminatnya berkurang sehingga harganya turun," imbuh Dani. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru