Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKP Kobar bakal Bagikan 500 Ribu Bibit Ikan

  • 06 Maret 2017 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan membagikan 500 ribu bibit ikan budidaya. Ini merupakan program pengembangan budi daya ikan kolam, dan keramba.

"Selain bibit ikan, kami juga akan membantu pakannya," sebut Sekretaris DKP Kobar, Rudolf Dita kepada Borneonews, Senin (6/3/2017).

Ia mengatakan, bantuan bibit ikan itu akan diberikan kepada masyarakat, kelompok maupun pribadi. Sepanjang tahun 2017 ini, pihaknya menargetkan sebanyak 500 ribu bibit ikan disalurkan kepada masyarakat untuk dibudidayakan.

Menurut dia, permintaan bibit ikan pada 2017 mengalami peningkatan tajam dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menandakan masyarakat, terutama nelayan mulai beralih pada usaha ikan budi daya, daripada hasil tangkapan di laut maupun sungai.

Rudolf menilai, pembudidayaan lebih efektif untuk meningkatkan hasil produksi ikan. Pihaknya, terus mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. "Sebab ikan kaya gizi dan bisa membuka peluang kerja untuk pemuda," katanya.

Saat ini, ungkap Rudolf, masih banyak tersedia bibit ikan, sehingga ia optimis target yang ditetapkan tahun ini tercapai. Dalam pembibitannya, DKP masih mengandalkan Balai Benih Ikan (BBI) dan Unit Pelaksana Pembenihan Ikan Rakyat.

"Sedangkan 25 persen keperluan pakan ikan akan kami bantu," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru