Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Lampuyang Sering Lihat Orangutan di Sekitar Kebun Kelapa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Maret 2017 - 20:38 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sering melihat orangutan di kebun kelapa milik mereka.

'Sudah sering kami lihat orangutan di sekitar daerah ini. Tapi mereka tidak ada yang mengganggu saat kami bertani kelapa,' ujar Agus, warga Desa Lampuyang, Selasa (21/3/2017).

Kebanyakan dari satwa dilindungi tersebut memakan kelapa muda di kebun para petani. Satwa itu sering datang bergerombol satu hingga tiga ekor. Namun terkadang terlihat satu ekor saja. Walaupun begitu, hewan tersebut belum pernah menyerang warga.

'Kebanyakan dari mereka hanya mencari makan, setelah itu tidak terlihat lagi,' kata Agus.

Adanya hal itu, sudah dilaporkan pihaknya ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit. Hal itu dilakukan agar petugas bisa mengontrol keberadaan orangutan tersebut. Sehingga warga sekitar tidak kawatir lagi saat beraktivitas di kebun.

'Kalau ke kebun sendiri rawan juga rasanya. Karena orangutan juga dikenal bisa menyerang manusia. Hal itulah yang tidak kami inginkan,' lanjut Agus.

Agus berharap BKSDA Sampit segera melakukan pemeriksaan di daerah tersebut. Agar orangutan yang ada di tempat itu bisa dievakuasi, dan warga sekitar tidak lagi takut menjadi korban serangan hewan liar yang dilindungi itu. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru