Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Jaga Kotawaringin Timur dari Konflik Etnik

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Maret 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta bersama-sama menjaga daerah ini dari konflik etnik seperti yang pernah terjadi pada 2001 silam.

"Peran serta dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan. Sehingga daerah ini selalu tertib, damai dan aman," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Jumat (31/3/2017).

Taufiq mengatakan, pentingnya upaya mengantisipasi secara dini, mengenai isu-isu yang ingin memecah belah keharmonisan masyarakat Kotim. Apalagi isu dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sehingga, diharapkan tokoh masyarakat, dan tokoh agama mampu menyatukan pemahaman dan memberikan pengetahuan serta wawasan kepada masyarakat. Dengan itu nantinya dapat ditularkan kepada masyarakat luas di Kotim. Sehingga konflik etnik yang pernah menjadi cacatan kelam daerah ini tidak kembali terulang.

"Intinya jangan menunggu terjadi, namun pencegahan dinilah yang harus dilakukan," kata Taufiq.

Konflik etnik sendiri memang paling dihindari disejumlah daerah yang ada di Indonesia, tidak terkecuali di Kotim. Kejadian beberapa tahun silam merupakan sejarah kelam di daerah ini. Namun sejumlah petinggi dan tokoh di Kotim ingin agar hal itu tidak terulang kembali. Karena dampaknya buruknya sangat banyak, mulai dari pendidikan, ekonomi, dan lain-lainnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru