Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Dusun Suayap Kekurangan Air Bersih

  • Oleh Cecep Herdi
  • 03 April 2017 - 11:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 150 jiwa yang berada di Dusun Suayap Desa Umpang Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membutuhkan air bersih. Selama ini mereka hanya memanfaatkan air dari lima sumur bor yang ada. Selebihnya mengambil air dari Sungai Arut untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya.

"Listrik kami di sini 24 jam gratis dari perusahaan CBI, tinggal air bersihnya yang kami butuhkan. Masih kurang," kata Yusmansyah (36) Ketua Dusun Suayap, Senin (3/4/2017).

Hingga saat ini, baru lima sumur bor atau sumber air bersih yang digunakan masyarakatnya yang rata-rata tinggal di bantaran sungai Arut. "Belum ada mas, kami sehari-hari menggunakan air sungai saja," katanya.

Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar, Alfa Husein mengatakan siap membantu masyarakat menambah pasokan air bersih. Namun pihaknya mengaku terlebih dahulu akan mengecek program air bersih yang sudah berjalan di Desa Umpang. "Program air bersih ini kan sudah kami jalankan di tiap desa termasuk di desa Umpang, tapi kalau memang Dusun Suayap yang ada di desa itu belum terjangkau. Kami akan cek ke sana," katanya.

Desa Umpang sendiri merupakan desa terpencil yang masuk di Kecamatan Arut Selatan. Letak geografis desa ini paling jauh dari pusat kota. Menuju desa ini membutuhkan waktu 2,5 jam menggunkan kendaraan darat. Sementara menggunakan transportasi sungai sekitar 3 sampai 4 jam. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru