Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PARAH....Honorer Pemkot Palangka Raya Belum Gajian Empat Bulan

  • Oleh Rokim
  • 19 April 2017 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Parah. Benar-benar parah. Sejak Janurai hingga April 2017 ini sebagian honorer di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya belum gajian.

Akibat belum gajian selama empat bulan, bahkan diperkirakan Mei nanti baru gajian, sehingga membuat 'kelimpungan' para honorer untuk menutupi kebutuhan keluarga.

Nasib apel nan sial ini dialami bunga bukan nama sebenarnya. Bunga merupakan honorer di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Palangka Raya. Bunga sudah lima tahun menjadi honorer.

Jika hingga Mei 2017 nanti belum gajian juga, maka gaji yang belum diterima bunga selama lima bulan. Rabu (19/4/2017) ini bunga dan honorer lainnya dijanjikan akan digaji.

Hanya saja pihak dinas akan membayarkan yang tiga bulan dulu, sedangkan yang dua bulan sisanya dibayar menyusul. Saat ini yang dipersoalkan bunga bukan soal gaji cair atau tidak.

Yang dipersoalkan bunga kenapa nilap upah per hari tidak sama dengan honorer yang tugas di SKPD lain. Bunga menuturkan sesuai Surat Keputusan Walikota Palangka Raya, upah honorer untuk lulusan SMA ditetapkan Rp91 ribu per hari.

Tapi faktanya oleh dinas ketahanan pangan hanya dibayar Rp72 ribu. "Kami yg SMU kan 91rb sesuai SK dan anggaran dari kputusan walikota tu. Ini belum gajian udah hampir jalan 5bulan. Katanya hari ini masuk rekening dibayar 3bulan dulu. Tapi kok hitungannya beda," tulis Bunga, Rabu malam.

"Malah dibayarkan seperti anggaran lama kmren jadi pake yg 72rb perhari gajinya. Harusnya kan 91rb per hari itu sama rata sepeerti honor yg lainnya.kok malah di instansi kami dibayarkan 72rb perhari itu. Katanya sisanya dari 91rb itu d rafel lagi sampai dekat2 akhr thn nanti bln oktober," tulisnya lagi. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru