Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkuat Sistem Keuangan Desa Dengan Siskeudes

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 29 April 2017 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -Pada tahun 2017 ini desa-desa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan menerapkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Kewajiban desa untuk menerapkan aplikasi siskeudes ini untuk memperkuat sistem keuangan desa agar pemerintah desa mendapatkan kemudahan saat melakukan proses pengelolaan keuangan.

"Tahun 2017 menjadi kewajiban bagi desa untuk menerapkan aplikasi Siskeudes dalam pengelolaan keuangan desa," kata Camat Pangkalan Lada, Amir Hansyah, Sabtu (29/4/2017).

Amir menjelaskan, dengan aplikasi siskeudes ini pemerintah desa dapat memenuhi azas transparansi, akuntabel, partisipasif, tertib dan disiplin anggaran sesuai dengan regulasi yaitu Perbup nomor 81 Tahun 2016 tentang pengelolaan keuangan desa.

Menurutnya di dalam peraturan bupati tersebut mengatur beberapa persyaratan pencairan dana desa. Di antara syarat tersebut adalah verifikasi tim kecamatan terhadap besaran dana yang dicairkan serta fotokopi rekening koran.

Kendati terjadi keterlambatan penyusunan rancangan APBdes dengan sistem aplikasi tersebut dibeberapa desa tapi bagi desa yang sudah menyelesaikannya sepatutnya diberikan apresiasi. " Kita harapkan bagi yang belum maka segera untuk menyelesaikan APBdes-nya," harap Amir. (KOKO SULISTYO/B-8)

Berita Terbaru