Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Tapal Batas Desa di Aruta belum Beres

  • 05 Mei 2017 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tapal batas sejumlah desa di Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) hingga saat ini masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan hingga saat ini.

Salah satu tokoh pemuda Desa Gandis Budi, khawatir jika persoalan tata batas tidak segera diselesaikan dapat menimbulkan konflik sosial dengan adanya investor perkebunan sawit, perkebunan karet dan pertambangan.

"Sampai sekarang belum rampung, takutnya akan timbul persoalan di kemudian hari," ucap Budi kepada Borneonews, Jumat (5/5/2017).

Ia meminta kepada Pemkab Kobar segera menyelesaikan tapal batas desa, terutama dengan Desa Sukarami dan desa lain yang berbatasan langsung dengan Desa Gandis. "Akibat tapal batas desa tidak jelas, areal lahan banyak yang diklaim oleh pihak lain," bebernya.

Budi berharap, tapal batas di desanya itu segera diselesaikan sebelum menimbulkan konflik berkepanjangan. Alasan lain, tapal batas desa akan mempermudah pihaknya melakukan invertarisasi areal lahan desa.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Gandis, Sanider. Ia meminta kepada Pemkab Kobar segera menyelesaikan tapal batas desa. Dengan tidak jelasnya tapal batas desa itu akan memicu permasalahan yang bisa menimbulkan konflik, lantaran warga saling klaim areal lahan.

"Kami berharap kepada Bupati terpilih (Hj. Nurhidayah) tidak meninggalkan kami dan cepat bertindak untuk menyelesaikan tapal batas desa," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-2)

Berita Terbaru