Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Dusun Selatan Minta Kades Jangan Asal Tanda Tangan SPPD

  • Oleh Uriutu
  • 07 Mei 2017 - 18:14 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Camat Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Zainal Abidin Awang, meminta kepala desa jangan asal tanda tangan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD).

'Saya semua Kades di Dusun Selatan untuk tidak menandatangani SPPD bagi ASN Pemkab Barsel, jika tidak melaksanakan tugas,' kata Zainal Abidin Awang, Minggu (7/5/2017).

Sebab, lanjut dia, seringkali Kades atau perangkatnya asal tandatangan SPPD yang disodorkan pihak Organisasi Perangkat Daerah. Padahal, kegiatannya tidak ada sama sekali alias fiktif.

Namun, lanjut dia, jika melaksanakan tugas sesuai dengan yang dilaksanakan, silahkan saja tandatangani SPPD.

Ia menegaskan, SPPD adalah surat perintah yang artinya harus melaksanakan sesuatu kegiatan. Maka kegiatan apa saja yang telah dilakukan, harus diketahui kades atau perangkat desanya. 

Seringkali terjadi, lanjut dia, jika ada suatu perjalanan dinas yang target atau sasarannya di tingkat desa atau daerah-daerah terpencil, ASN yang ditunjuk untuk turun ke lapangan sering kali tidak pernah melaksanakan.

Dia pun mengingatkan, supaya kades dan aparat desa lainnya bersikap tegas dan jangan memberikan kemudahan dalam menandatangani SPPD.

'Karena boleh dibilang si pemilik SPPD malah mendapat uang perjalanan dinas, padahal tidak melaksanakan kegiatan. Hal ini tentunya merugikan daerah,' tandas dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru