Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Masih Aman dari Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 08 Juni 2017 - 11:36 WIB

BORNEONES, Kasongan - Hutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di wilayah Kabupaten Katingan dilaporkan masih aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Laporan ini disampaikan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah II Bikit Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan, Firasadi kepada Borneonews.co.id Kamis (8/6/2017).

Pasalnya, sebagian besar areal lahan yang ada terdiri dari tanah potsolit merah kuning, dan hanya sedikit sekali yang bergambut.

"Selama ini menurut pantauan kami saat musim kemarau wilayah TN Bukit Baka Bukit Raya aman dari ancaman Karhutla ini," sebutnya.

TN Bukit Baka Bukit Raya memiliki luas areal 232 ribu hektar yang berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Sedangkan untuk di Kabupaten Katingan ada 4 wilayah kecamatan yang masuk areal TN Bukit Baka Bukit Raya itu, yakni Kecamatan Marikt, Petak Malai, Katingan Hulu dan Kecamatan Bukit Raya.

"Mungkin selain karena kondisi tanahnya yang sebagian besar terdiri dari podsolit merah kuning, juga karena jangkauan masyarakat cukup jauh, serta kita juga bersama pihak kecamatan gencar melakukan sosialisasi karhutla," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru