Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI Sebut Bulan Mei dan Juni Komoditas Pangan tak Alami Kenaikan Berarti

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 Juli 2017 - 09:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rata-rata komoditas pangan utama di Kalteng pada Mei dan Juni 2017 relatif tidak mengalami kenaikan harga yang tinggi. Hal itu berdasarkan pantauan di situs Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS).

PIHPS merupakan pusat informasi yang dimiliki Bank Indonesia. Saat ini di Kalimantan Tengah terdapat dua kota yang telah menyediakan informasi harga komoditas di pasar yaitu Palangka Raya dan Sampit. "Di dalam web PIHPS, masyarakat secara luas dapat mengetahui harga di level pasar untuk beberapa komoditas utama," ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah Wuryanto saat menggelar Rilis Bulanan BI kepada awak media di kantor BI, Jumat (7/7/2017) sore.

Bahkan, lanjut Wuryanto, terdapat beberapa komoditas yang mengalami koreksi harga. Hal ini sejalan dengan survei inflasi BPS pada bulan Juni 2017 lalu yang mengindikasikan rendahnya sumbangan kelompok volatile food (bahan makanan).

"Berdasarkan data BPS, inflasi Kalteng pada bulan Juni 2017, didominasi oleh kelompok administered prices utamanya komoditas tarif listrik dan angkutan udara," kata Wuryanto.

Dari data komoditas pangan utama di Kalteng, tercatat hanya komoditas bawang merah yang mengalami peningkatan pada bulan Juni 2017 sebesar 25,50% di Palangka Raya dan 10,66% di Sampit. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru