Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Pabrik CPO PIcu Penaikan Jumlah Perkreditan di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Juli 2017 - 09:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Wuryanto menyebutkan sebagian besar kredit perbankan di sektor utama mengalami peningkatan di bulan Mei 2017.

"Peningkatan tertinggi dialami oleh kredit di sektor industri pengolahan yang tumbuh sebesar 1,31 persen. Tingginya pertumbuhan kredit sektor-sektor tersebut sejalan dengan pertumbuhan di Industri Pengolahan yang cenderung tinggi pada beberapa waktu terakhir," kata Wuryanto, Minggu (9/7/2017).

Menurutnya, rencana pembangunan pabrik pengolahan CPO baru di beberapa perusahaan besar juga turut memberikan andil peningkatan kredit perbankan di sektor industri pengolahan.

"Dari sisi kualitas pembiayaan sektoral, kredit di sektor pertambangan memiliki tingkat kualitas kredit yang paling rendah dibandingkan sektor lainnya. NPL kredit di sektor pertambangan pada bulan Mei 2017 sebesar 38,22 persen," jelasnya.

Wuryanto mengatakan, adanya penurunan aktivitas pertambangan menyusul pelemahan harga komoditas tambang di pasar global dalam beberapa tahun terakhir menjadi faktor utama kondisi tersebut.

Di sisi lain, kualitas kredit perbankan di sektor keuangan dan pertanian menjadi yang paling baik di antara sektor lainnya, dengan tingkat NPL masing-masing sebesar 0,00 persen dan 0,16 persen. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru