Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta KBN Dari 34 Provinsi Telusuri Situs Budaya Dayak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juli 2017 - 21:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mofit Saptono Subagio, Wakil Wali Kota Palangka Raya memimpin langsung kegiatan napak tilas Kemah Budaya Nasional (KBN), Rabu (19/7/2017).

Napak tilas ini dilaksanakan di Bukit Batu, Tangkiling yang merupakan lokasi pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut.

Sebelum napak tilas dilakukan, rombongan ini menerima prosesi tampung tawar dari tetua adat sebagai syarat dan doa agar pendakian itu memberi manfaat dan peserta diberi keselamatan.

Selanjutnya ikuti rintangan merayap di bawah batu, turun tebing, merayap di bawah tali, naik jembatan tali, lewati spider net, naik tangga sampai ke batu banama yang merupakan lokasi pertapaan.

Dilanjutkan naik bukit curam dan sampai ke atas bukit tangkiling paling atas, 1.120 peserta KBN tiba tepat pukul 12.00 WIB. Selanjutnya turun untuk ke lokasi untuk naik bus lalu ke Taman Makam Pahlawan di Jalan Tjilik Riwut pukul 16.00 WIB.

"Selain napak tilas, untuk budayanya kita mengunjungi situs-situs yang mengedepankan budaya Dayak. Kita berpusat di Kecamatan Bukit Batu, kemudian kita ke Tugu Soekarno, lalu ke Museum Balanga, Galery Resto Tjilik Riwut, dan ke Rumah Betang," jelas Mofit. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru