Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPK Gugah Komitmen Anti Korupsi di Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Agustus 2017 - 18:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggugah komitmen anti korupsi di Bumi Pancasila, Kalimantan Tengah (Kalteng). Untuk langkah awal, KPK menggelar rapat koordinasi dan supervisi pemberantasan korupsi terintegrasi, Kamis (3/8/2017).

Dalam upaya pencegahan korupsi serta mendorong tata kelola pemerintahan yang baik di Kalteng, KPK melalui Tim Koordinasi Supervisi, melakukan asistensi di provinsi yang kaya sumber daya alam (SDA) ini.

Melalui program koordinasi dan asistensi ini, KPK berharap akan meningkatkan komitmen anti korupsi penyelenggara negara dalam menjalankan tugasnya.

'Selain pengelolaan SDA, ada tiga sektor yang menjadi perhatian utama dalam koordinasi ini. Yaitu perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, serta perizinan,' kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam acara yang digelar di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng.

Dalam rapat kordinasi (Rakor) perdana ini, seluruh pemerintah daerah di Kalteng menargetkan akan membangun sistem dan aplikasi perencanaan keuangan berbasis elektronik. Sistem ini ditargetkan sudah ada pada 2018 dan digunakan untuk menyusun anggaran 2019.

Rakor ini dihadiri Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan 14 kepala daerah se-Kalteng dan perwakilan Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP).

Gubernur Sugianto menekankan agar KPK membantu dalam melakukan pengawasan dan penindakan dalam rangka pengamanan SDA, namun tetap mengedepankan pencegahan.

'Kita berkomitmen mengamankan SDA ini untuk sebesar kemakmuran rakyat, melalui peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Selama ini banyak SDA dikeruk tetapi belum menyentuh peningkatan kesejahteraan, masih banyak rakyat miskin tetapi pengusahanya yang kaya. Kita harap KPK membantu hal ini, tetapi terlebih dulu titik berat ke pencegahan,' tuturnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru