RSUD Puruk Cahu Diusulkan Tangani Pasien Sakit Jiwa

  • Oleh Supri Adi
  • 16 Agustus 2017 - 10:36 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dinas Sosial Kabupaten Murung Raya (Mura) mengusulkan penambahan ruang khusus bagi pasien sakit jiwa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puruk Cahu.

Kepala Seksi (Kasi) Rehabilitas Anak, Lanjut Usia, Sosial, dan Penyandang Disabilitas pada Dinas Sosial Kabupaten Mura, David, mengungkapkan bahwa saat ini telah disiapkan nota pertimbangan untuk Bupati Murung Raya terkait usulan itu.

"Kita usulkan fasilitas penyediaan tenaga dokter kejiwaan dan tenaga psikiater untuk mendukung program tersebut," ungkap David, Rabu (16/8/2017).

Selain fasilitas tersebut, nantinya juga akan disediakan obat-obatan khusus bagi penderita gangguan jiwa sehingga diharapkan dapat membantu penyembuhan mereka.

"Langkah awal sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya dengan menjalin kerjasama dengan pihak RSJ Kalawa Atei di Palangka Raya. Bentuk kerjasamanya yakni dengan menggratiskan pengobatan bagi masyarakat Mura pemegang Kartu Mura Sehat (KMS). Semua rencana atau yang sudah dilakukan tersebut untuk mendukung Program Nasional Bebas Pasung 2019," sebut David. (SUPRIADI/B-3)

Berita Terbaru