Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Minta Sekolah Terapkan Kantin Sehat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Agustus 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya meminta semua sekolah di 'Kota Cantik' menerapkan kantin sehat. Permintaan itu disampaikan Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio saat menghadiri Pertemuan Lintas Sektor dalam rangka Kegiatan Konsumsi Pangan Aman melalui Kantin Sehat, Selasa (22/8/2017).

"Untuk menghindari jajanan tidak terjamin maka kami atas nama Pemerintah Kota Palangka Raya mengimbau sekolah-sekolah agar dapat menyediakan kantin sehat yang dikelola dari sekolah oleh sekolah dan untuk sekolah," ungkap Wakil Wali Kota.

Mengonsumsi makanan sehat, menurut Mofit, merupakan suatu keharusan, terutama bagi anak usia sekolah yang berada dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. "Kandungan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta serat yang cukup dapat membantu tumbuh kembang anak usia sekolah lebih optimal," kata dia.

Untuk itu, ia meminta seluruh komunitas sekolah terlibat aktif mendukung gerakan konsumsi pangan aman melalui kantin sehat.

"Kegiatan ini adalah salah satu wujud upaya meningkatkan komitmen instansi terkait dalam hal perlindungan anak dari penyakit akibat pangan. Jajanan yang tidak terjamin kebersihan dan mengandung zat yang dilarang ditambahkan dalam pangan membahayakan kesehatan anak-anak kita. Sehingga akan mempengaruhi proses belajar mengajar dikarenakan anak sering tidak masuk sekolah akibat sakit," tuturnya.

Komunitas sekolah, terutama peserta didik, menurut dia, juga harus lebih selektif dalam memilih jajanan sehat. Hal ini menjadi pekerjaan rumah untuk para orang tua dan guru untuk memberikan pengetahuan kepada anak dalam memilih jajanan sehat di kantin sekolah. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru