Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kondisi Infrastruktur Jadi Hambatan Tim Kesehatan ke Pedalaman

  • 26 September 2017 - 07:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Kondisi infrastruktur mengakibatkan pelayanan kesehatan ke daerah terpencil dan perbatasan seperti ke Desa Masuparia, Kecamatan Mandau Telawang, Kabupaten Kapuas menjadi terhambat.

"Memang kondisi infrastruktur yang masih terbatas mengakibatkan untuk menuju Desa Masuparia ditempuh selama 3 jam dari ibu kota Kecamantan Mandau Telawang," kata Masran, Kepala Bidang Kepegawaian dan Hukum Dinas Kesehatan Kapuas, Selasa (26/9/2017).

Menurut dia, untuk sampai ke desa itu medan yang harus ditempuh cukup menantang, di mana akses jalan darat belum ada, hanya menggunakan alat transportasi sungai. Belum lagi kondisi sungai saat dangkal harus turun mendorong kelotok. Setelah tiba harus mendaki pegunungan baru setelah itu tiba di desa tujuan.

"Harus diakui faktor infrastruktur jalan sangat dibutuhkan oleh warga di sana, tatapi kami bersama tim harus memberikan pelayanan kesehatan bagi warga sebarat apapun medannya," katanya.

Tenaga kesehatan di sana memang belum ada. Namum, ada Pustu yang dibangunan oleh warga. "Kita sudah sampaikan kepada warga kalau ada anaknya yang lulusan kesehatan akan diprioritaskan sebagai tenaga kesehatan agar bisa menetap di sana. Memang dulu ada tetapi tidak bertahan lama, kerana kondisi medan yang ditempuh dan harga untuk makan terlalu mahal," beber Masran.

Dia berharap Puskemas setempat bisa membantu, tetapi kondisi geografis juga memengaruhi perjalanan menuju kesana. Sehingga pelayanan kesehatan pun satu bulan satu kali. "Kita sedang berupaya dalam satu tahun setiap empat bulan tim akan melakukan pelayanan kesehatan mobile, namun keterbatasan anggaran jadi kami tidak bisa maksimal," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-5)

Berita Terbaru