Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kades Muara Tupuh Kecewa Warganya Belum Terima KTP-EL

  • Oleh Risky Rivaldo
  • 09 Oktober 2017 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kepala Desa Muara Tupuh Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya (Mura) Bambang mengaku kecewa. Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) juga menerbitkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) milik warga desanya.

"Kita sudah berbondong-bondong saat mendatangi Kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman data pada 26 September tahun 2016 lalu. Sampai sekarang ini belum diterbitkan juga KTP Elektronik kita," ungkap Bambang saat ditemui Borneonews di Kantor Disdukcapil Mura, Senin (9/10/2017).

Bambang mengaku sudah bolak balik ke Kantor Disdukcapil untuk menanyakan nasib KTP El warganya. Namun hingga saat ini, ia tidak mendapatkan jawaban yang jelas kapan KTP El itu diterbitkan. Padahal, semua data yang direkam pada 2016 lalu sudah dikirim ke pusat dan tidak ada satu pun yang dikembalikan.

"Saya sudah tanya langsung ke Kepala Dinas-nya dan saya mendapatkan jawaban bahwa kurang lebih ada 6 ribuan data, termasuk desa kami, Desa Muara Tupuh yang belum dikembalikan oleh pihak pusat," kata Bambang.

Oleh karena itu, lanjut dia, sampai saat ini, KTP El warganya tidak bisa diterbitkan dan warga hanya memegang surat keterangan sementara pengganti KTP El. Namun, surat keterangan yang dikeluarkan Disdukcapil yang bersifat sementara itu justru mempersulit warga yang tinggal jauh dari Kota Puruk Cahu. Sebab, jika ada keperluan terkait dokumen kependudukan, surat keterangan itu harus mendapatkan legalisasi dari Kantor Disdukcapil.

"Jujur saya kurang puas dengan jawaban Kepala Disdukcapil mengenai solusi yang sekarang diberikan dengan surat keterangan sementara itu," pungkas dia. (RISKY RIVALDO/B-8)

Berita Terbaru