Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resolusi Sawit Diterapkan, Pukulan Telak Bagi Industri Sawit

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 22 November 2017 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Negara-negara Uni Eropa (UE) kini sibuk mengkaji usulan untuk menerapkan resolusi sawit yang akan melarang pemakaian minyak sawit untuk biodiesel mulai 2020 mendatang.

Di sisi lain, Indonesia dan Malaysia yang merupakan produsen minyak sawit terbesar dunia, juga tak kalah sibuk untuk berembuk guna menyikapi rencana penerapan resolusi sawit yang disahkan Parlemen Eropa pada April lalu itu.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak dan Presiden Indonesia Joko Widodo pekan ini akan membahas langkah-langkah untuk merespons kemungkinan penerapan resolusi sawit.

'Jika resolusi tersebut mengganggu ekspor kami, itu akan menjadi pukulan telak bagi kami,' kata Menteri Perladangan dan Komoditi Malaysia Datuk Seri Mah Siew Keong seperti dikutip Bernama.

'Segala bentuk diskriminasi tidak bisa diterima, dan kami akan bertindak jika kebijakan tersebut akan mengganggu kepentingan kami," imbuhnya.

Sebelumnya, pihak Indonesia melalui Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita juga menyatakan kesiapan untuk melakukan aksi balas dendam atas kebijakan Uni Eropa yang bakal merugikan Indonesia, terutama terkait dengan ekspor minyak sawit. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru