Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Utara Minta Disdik Tindak Tegas Guru Malas Mengajar

  • Oleh Ramadani
  • 23 November 2017 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Beberapa anggota DPRD Kabupaten Barito Utara meminta dinas pendidikan bertindak tegas dengan memindahkan para guru dalam kota yang kinerjanya buruk. Dewan meminta mereka yang malas mengajar dipindahkan ke desa.

Ini peringatan keras bagi para guru-guru yang kurang aktif masuk kelas atau malas mengajar. Tindakan tegas ini juga sekaligus bisa mengurangi penumpukan guru di dalam Kota Muara Teweh.

Sorotan anggota dewan ini mengemuka saat pembahasan APBD tahun anggaran 2018 di gedung DPRD Barut, Kamis (23/11/2017). 

'Guru-guru yang tidak maksimal dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dipindahkan saja ke desa, sehingga tidak terjadi penumpukan guru di kota. Kadis Pendidikan rutin melakukan sidak ke lapangan, tentunya mengetahui permasalahan distribusi guru yang tidak merata dan guru yang indisipliner,' kata anggota DPRD Barito Utara Taufik Nugraha.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD Barito Utara, Henny Rosgiaty Rusli, bahwa akibat penumpukan guru di dalam kota terjadi kesenjangan mutu pendidikan yang semakin melebar antara para siswa di kota dan di desa.

'Kita harapkan agar mutu pendidikan antara desa dan kota tidak semakin melebar. Salah satu syaratnya, jumlah guru di desa harus terus ditambah,' katanya.

Sementara anggota DPRD lainnya Surianoor mempersoalkan masalah kekurangan guru agama Islam di desa-desa, terutama yang masuk dalam daerah pemilihan (Dapil) III, yakni Kecamatan Lahei, Lahei Barat, Teweh Timur, dan Gunung Purei. Padahal. kata dia, siswa SD sangat membutuhkan guru agama, karena mata pelajaran agama masuk dalam penilaian rapor.

Adapun anggota DPRD lainnya, H Tajeri menyoroti masalah prioritas perbaikan ruang kelas, rumah dinas guru, dan masalah sertifikasi guru. Karena, dia menduga, ada penerima sertifikasi justru tidak mengajar secara penuh, tetapi mengupah guru lain.(RAMADHANI/B-8)

Berita Terbaru