Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mantap, RSUD Sultan Imanuddin Raih Akreditasi Paripurna

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 Januari 2018 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Mantap. Dari 13 Rumah Sakit yang berada di Provinsi Kalteng, ternyata hanya RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang berhasil meraih akreditasi tingkat paripurna.

Penilaian yang dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) ini dikeluarkan dalam bentuk surat keputusan yang dikeluarkan 21 November 2017 lalu.

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Akhmad Faozan menjelaskan, dengan adanya akreditasi yang dikeluarkan oleh KARS ini merupakan pengakuan pemerintah bahwa manajemen rumah sakit telah sesuai dan memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan. "Akreditasi merupakan proses. Jadi perbaikan dan peningkatan mutu layanan selalu kita lakukan," jelas Faozan.

Menurutnya dengan akreditasi paripurna, bukan berarti seluruh pelayanan di rumah sakit sudah baik dan sempurna. "Dalam pelaksanaannya di lapangan, pasti ada hal yang jadi kekurangan. Nah untuk kekurangannya ini yang harus segera diperbaiki," jelasnya.

Beberapa hal yang akan menjadi target perbaikan, lanjut Faozan, antara lain adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang melayani di lingkungan tugasnya.

"Kendala selama ini bahwa jumlah SDM yang kurang, apalagi sesuai dengan standar RS kelas B. Untuk itulah kita akan mengajukan penambahan tenaga ASN," jelasnya.

Selain itu, menurutnya yang harus ditingkatkan adalah kemampuan profesi dan ketrampilan individu tenaga yang melakukan pelayanan, melalui pelatihan dan diklat. "Fasilitas dan sarana penunjang di rumah sakit juga saat ini telah kita ajukan ke pemerintah guna penambahan dan perbaikan," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru