Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dukung Tempat Wisata Dikelola Swasta

  • Oleh Ramadani
  • 11 Januari 2018 - 15:43 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Rencana Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) mengandeng pihak ketiga untuk mengelola sejumlah objek wisata, mendapat dukungan dari anggota DPRD Barito Utara Asran.

Saat ini, Kabupaten Barito Utara memiliki tiga objek wisata unggulan yakni Bumi Perkemahan Panglima Batur di Desa Treheyan, DAM di Desa Terinsing, dan Air Terjun Jantur Doyan di Km 18, jalan Muara Teweh-Puruk Cahu.

Asran mengatakan, selaku anggota dewan, dirinya mendukung bila tempat wisata tersebut dikelola pihak swasta. Hal itu, kata dia, sama seperti yang dilakukan daerah lain. Yang  mana tempat wisatanya maju dan berkembang dengan baik lantaran dikelola pihak ketiga.

“Kita setuju dan mendorong agar tempat atau objek wisata di daerah ini dikontrakan kepada pihak ketiga. Sebab selama dikelola oleh dinas belum begitu maksimal menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD). Tapi dengan catatan bila ada kegiatan pemerintah daerah ataupun organisasi seperti misalnya pramuka, tidak dipungut biaya masuk,” katanya, Kamis (11/1/2018).

Ia berharap, dalam rangka mendukung pengembangan wisata di daerah ini, dinas dapat melakukan pembenahan seperti infrastruktur jalan serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. 

“Kalau sarana dan prasarana yang ada di tempat wisata amburadul dan banyak rusak, pihak swasta juga akan pikir-pikir untuk bekerjasama. Jadi hal ini perlu menjadi perhatian,” katanya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru