Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Ingatkan Pemkab Kotim Untuk Antisipasi Penyakit Pasca Banjir

  • Oleh Naco
  • 14 Januari 2018 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun mengingatkan Pemkab Kotim untuk mengantisipasi munculnya berbagai penyakit pasca banjir di Kecamatan Cempaga Hulu, Parenggean dan sekitarnya.

"Pemkab Kotim harus menyiapkan langkah cepat apabila nantinya wabah penyakit seperti diare dan  muntaber muncul," kata Rimbun saat dihubungi Borneonews, Minggu (14/1/2018)

Menurut Rimbun, perlu diantisipasi penyakit pasca banjir, terutama penyakit mewabah seperti diare dan muntaber, mengingat yang terkena dampak banjir banyak maka tidak menutup kemungkinan itu akan menyerang banyak warga.

"Kita harus siap menghadapinya terutama dinas teknis, agar menghimbau juga kepada pukesmas setempat," tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Meski demikian, Rimbun percaya Dinkes Kotim bisa menanganinya. Sebab untuk penanganan pasca terjadi banjir bukan yang pertama kali bagi dinas tersebut. Dinas Kesehatan sudah paham bagaimana caranya.

"Kami juga minta  agar  pustu terdekat untuk selalu siap siaga menangani pasien yang sakit itu nantinya, bahkan kalau bisa pantau kondisi warga setiap saat," tegasnya.

Rimbun merasa turut prihatin, saat ini Kotim sudah tidak aman lagi dari ancaman banjir, padahal beberpa tahun silam Kotim sangat jarang terjadi banjir disaat musim hujan seperti sekarang.

"Ancaman banjir ini akibat pemerintah daerah tidak mampu mengendalikan kerusakan hutan di Kotim. pembukaan kawasan perkebunan secara sporadis diduga sebagai salah satu penyebabnya, Pemerintah saat  kami anggap mengabaikan masa depan Kotim ini sehingga dengan mudah melakukan obral kawasan hutan,"pungkasnya.(NACO/B-8)

Berita Terbaru