Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luapan Air Sungai Katingan Juga Memutus Akses Jalan ke Talingke

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Januari 2018 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Luapan air Sungai Katingan yang tejadi sejak beberapa hari terakhir juga memutus akses jalan menuju Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan Kabupaten Katingan, Selasa (16/1/2018).

Di wilayah Kecamatan Tasik Payawan ini delapan desa yang ada, termasuk Petak Bahandang Ibukota Kecamatan Tasik Payawan dilaporkan juga terendam banjir akibat luapan Sungai Katingan.

Namun banjir yang memutus akses jalan masuk Desa Takingke ini sudah sejak lama berlangsung, dan beberapa hari terakhir ketinggian banjir yang menenggelamkan ruas jalan bertambah hingga sampai sebatas pinggang orang dewasa.

Pun demikian panjang ruas jalan ya g terendam juga bertambah, jika sebelumnya hanya sekitar 500 meter, kini jalan menuju Desa Talingke yang kebanjiran itu sepanjang lebih dari satu kilometer.

Warga Talingke juga mengaku mereka sudah lama terisolasi tudak dapat langsung menuju kampungnya saat berkendara. Pasalnya, warga harus menggunakan jasa fery penyeberangan dengan biaya Rp25 ribu sekali jalan guna menyeberangkan stu unit sepeda motor plus pengendara dan barang bawaan.

"Kalau di Talingke ini sudah dari dulu masyarakat harus menggunakan jasa fery penyeberangan untuk melewati jalan yang terendam itu, dan mulai tiga hari ini jalan yang terendam bertambah panjang, karena memang luapan air Sungai Katingan cukup deras meluap kendaratan," kata Rian salah seorang warga Desa Talingke.

Sementara menurut Ijul, warga Talingke lainnya berharap kepada pemerintah daerah agar memperhatikan kondisi desa mereka yang selama ini terisolasi masalah akses jalan yang selalu terendam banjir.

"Harapan kami masyarakat agar pemerintah memperhatikan kondisi daerah kami, terutama akses jalan menuju desa kami yang sudah dus tahun ini tidak hisa dilewati kendaraan karena terus terendam banjir," kata Ijul. (ABDUL GOFUR/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru