Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Moratorium Transmigrasi Bakal Segera Dicabut

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 19 Januari 2018 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Kebijakan tidak menerima sementara (moratorium) transmigrasi di Kalimantan Tengah yang selama ini diberlakukan sebentar lagi dicabut.

Salah satu program yang menjadi dasar pencabutan moratorium transmigrasi di antaranya food estate di Kalteng yang tersebar di sejumlah kabupaten. Tentu program ini memerlukan tenaga kerja yang tidak sedikit.

“Setelah sekian lama program tramsigrasi di Provinsi Kalteng di moratorium atau dihentikan sementara, dengan adanya sejumlah program seperti food estate dan lainnya yang memerlukan tenaga kerja yang banyak, kita berencana  mencabut moratorium tersebut,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, beberapa hari lalu.

Gubernur mengaku sudah berkomunikasi dengan ketua DPRD Kalteng mengenai rencana membuka kembali kran transmigrasi dari luar daerah. Hanya, nanti skemanya berbeda. Ada komposisi yang diatur antara penduduk lokal dan pendatang. Sebab, selama ini program pemerintah tersebut dinilai memunculkan ketidakadilan perhatian dengan warga lokal. 

“Pelaksanaannya nanti berbeda. Masyarakat lokalnya yang harus diperhatikan dan mendapatkan hak-hak seperti anggota transmigrasi juga. Jadi orang lokal dulu yang harus diperhatikan, biar ada keadilan, hak yang sama dengan transmigran,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Syahril Tarigan, menyebutkan persoalan pengembangan kawasan menjadi bahan pertimbangan atas kebijakan membuka kembali krans transmigrasi.

“Saat ini transmigrasi di Provinsi Kalteng masih dimoratorium, namun akan dikaji kembali. Terlebih di daerah ini akan dikembangkan sejumlah program seperti food estate, ekowisata, dan lainnya yang memerlukan tenaga kerja cukup banyak,” katanya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru