Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

200 Hektare Lahan Warga di Kotawaringin Timur Terbakar

  • Oleh Naco
  • 29 Januari 2018 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kali ini, sekitar 200 hektare lahan warga di Desa Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut, habis dilalap api.

Warga desa setempat, Sukardi, mengatakan kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (25/1/2018) siang sekitar pukul 11.00 WIB. Api baru padam sekitar pukul 19.00 WIB, setelah menghanguskan kebun dan ladang masyarakat sekitar 200 hektare.

Hanya sedikit lahan warga di areal Handil Teladan hingga Handil Pandan yang tersisa. Api dengan cepat menghanguskan lahan kosong, sawah, ladang, dan kebun sawit.

"Habis kebun sawit warga dan padi yang baru tumbuh, kalau sawit itu diperkirakan sekitar 1.500 pohon. Sebagian ada yang sudah buah pasir, kalau padi cukup banyak milik warga sini," kata Sukardi, Senin (29/1/2018) di lokasi kejadian.

Kejadian ini sangat disayangkan warga, mengingat kebakaran terjadi lantaran ulah salah seorang warga yang sengaja membakar lahan untuk berkebun. Ironisnya, dia tidak bisa mengendalikan api dan menghanguskan kawasan perkebunan dan pertanian warga sekitarnya.

Terkait itu, anggota DPRD Kotawaringin Timur, Roy Lumban Gaol yang langsung melakukan sidak di lokasi kebakaran tersebut. Di sana, warga menuturkan kerugian yang terjadi cukup besar terutama masyarakat yang berkebun sawit, lahan tersebut dimiliki sekitar 100 kepala keluarga.

"Sebenarnya kalau alat pemadam digunakan waktu itu mungkin tidak sebanyak ini yang terbakar, api dimatikan dengan cara manual saja, alat pemadam dibiarkan saja digudang," ujar warga. (NACO/B-11)

Berita Terbaru