Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Tumbang Gagu Pilih Belanja ke Katingan Daripada ke Sampit 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Februari 2018 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ternyata di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih ada saja desa yang sangat jauh dan sulit dijangkau dari perkotaan. Seperti di Desa Tumbang Gagu, akibat jarang tersebut warga di sana lebih memilih belanja ke Katingan daripada ke Sampit.

Masyarakat di Desa Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang memang lebih senang berbelanja keperluan sehari-hari ke Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan. Ketimbang ke ibu kota Tumbang Kalang, Kecamatan Antang Kalang, apalagi ke Sampit, ibu kota Kabupaten Kotim.

Hal tersebut karena tidak adanya akses jalur darat di desa itu. Sehingga bagi masyarakat yang ingin pergi ke ibu kota kecamatan hanya bisa melintas di jalur sungai dan riam yang jarak tempuhnya sangat jauh. 

"Kami di sana banyak memilih belanja ke Katingan, ketimbang ke Sampit atau Tumbang Kalang. Karena jaraknya ke Katingan sangat dekat," ujar Kepala Desa Tumbang Gagu, Timbang, Selasa (6/2/2018). 

Dirinya menjelaskan, pihaknya memilih untuk belanja ke kabupaten tetangga bukan tanpa sebab. Karena jaraknya sangat dekat yakni 6 km saja.

Sedangkan kalau dari Desa Tumbang Gagu ke Tumbang Antang Kalang membutuhkan waktu yang lama yakni mencapai lima jam. Dan itu hanya bisa menggunakan perahu kelotok kecil. 

"Sudah perjalanan lama, dan sangat berbahaya. Karena melewati riam dengan bebatuan yang besar. Kalau salah jalan saja maka akan menabrak batu hingga membuat kecelakan air," kata Timbang. 

Bahkan dirinya mengungkapkan tidak jarang kecelakaan terjadi, hingga membuat barang bawaan mereka hanyut tenggelam serta kelotok yang digunakan mengalami kerusakan. Hal itulah yang menjadi sebab masyarakat di daerah tersebut lebih memilih berbelanja keperluan di kebupaten tetangga. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru