Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panwaslu Harap Masyarakat Turut Awasi Pilkada Seruyan

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 18 Februari 2018 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Seruyan meminta masyarakat turut mengawasi proses pelaksanaan Pilkada Seruyan 2018.

"Pengawasan Pilkada ini tidak hanya dari Panwaslu, mengingat Panwaslu Seruyan sendiri memiliki keterbatasan personel. Maka dari itu Panwaslu meminta massyarakat juga turut serta mengawasi," kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Seruyan Yulius Setiawan.

Menurut Yulius, sejauh ini untuk di Seruyan masyarakatnya sudah mulai peningkatan kesadaran terhadap kampanye hitam.

Maka dari itu, diharapkan dengan adanya komitmen menolak dan melawan politik uang dan politisasi SARA, masyarakat semakin terlibat aktif dalam proses pengawasan.

"Artinya, pengasan ini tanggung jawab dan perhatian kita bersama, semua elemen masyarakat harus turut aktif terlibat," katanya.

Ia menegaskan, siapapun yang melihat dan menemukan segera laporkan. Karena penangan perkara ini membutuhkan kecepatan dalam penanganan masalah tersebut sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Pilkada.

Dalam peraturannya, janji-janji politik pun diatur apalagi hal-hal yang bertujuan untuk mendongkrak minat pemilih, baik itu melalui pemberian bantuan berupa barang maupun uang.

"Hal ini nantinya juga akan dikenakan sanksi apabila betul ditemukan terjadi di lapangan," katanya. (FREDDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru