Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Harus Tingkatkan Disiplin dan Hindari Perselisihan

  • Oleh Heriyadi
  • 18 Februari 2018 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lamandau Meigo mengimbau para guru agar selalu meningkatkan disiplin agar tidak ada lagi perselisiahan di lingkup Dikbud setempat.

"Mari kita bersama meningkatkan persatuan dan kesatuan kita, sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dalam undang-undang kepegawaian," ujar Meigo di ruang kerjanya.

Penegasan itu ia tekankan setelah adanya kasus penganiayaan yang dilakukan seorang guru terhadap Kasie Dikbud yang dipimpinnya. "Agar tidak terjadi hal serupa, para guru dalam mengurus sesuatu di Dikbud setampat harus bisa mengontrol emosinya," ujar Meigo.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Dikbud Meigo juga mengingatkan penganiayaan guru oleh orang tua siswa, maupun sebaliknya untuk tidak melakukan tindakan emosional.

Di lingkungan sekolah, guru harus sadar pada dasarnya semua anak itu baik sehingga tidak harus mengajar dengan kekerasan agar tidak terjadi kembali kekerasan. "Baik guru ke siswa, siswa ke guru atau bahkan orang tua kepada guru, tegas Meigo.

Menurutnya, kalau dibicarakan bersama dengan siswa, orang tua siswa, guru dan sekolah duduk bersama membuat aturan serta komitmen bersama bagaimana cara memberikan sanksi, itu akan membuat lingkungan sekolah menjadi demokratis dan tidak otoriter.

Dia berharap, dengan adanya satu forum bersama antara guru, siswa dan orang tua akan menciptakan sebuah aturan bersama. Di mana nantinya wajib diikuti oleh semua pihak, tentunya akan menciptakan kedisiplinan pribadi di lingkungan sekolah. (HERIYADI/B-2)

Berita Terbaru