Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TNI dan Masyarakat Sholat Istisqo di Lokasi Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Februari 2018 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota Kodim 1014 Pangkalan Bun bermunajat meminta bantuan dari Allah SWT, agar menurunkan hujan. Hal itu berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mulai muncul di Kobar.

Untuk itulah anggota Kodim 1014 bersama masyarakat dan pelajar menggelar sholat istisqo atau sholat minta diturunkan hujan di sekitar lokasi karhutla, di km 13,5 Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam), sebelum memulai upaya pemadaman karhutla, Selasa (20/2/2018) sekitar pukul 08.00 WIB.

"Ini merupakan upaya kita untuk bermohon pada Allah SWT. Semoga doa dan harapan kita bisa diijabah dan diturunkan hujan agar karhutla tidak semakin meluas," kata Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1014 Pangkalan Bun Mayor Inf Muchlis.

Muchlis menambahkan, sejak beberapa hari lalu pihaknya bersama instansi lain sudah berupaya memadamkan karhutla.

"Sekitar 70 orang anggota TNI  bersama Polri, BPBD Kobar dan Manggala Agni sudah melakukan pemadaman. Hingga saat ini titik api belum sepenuhnya padam. Sebab, kontur lahan yang terbakar adalah gambut yang kedalamannya sekitar 0,5 meter," jelasnya.

Muchlis menambahkan, berdasarkan pantauan di lapangan, diperkirakan sekitar 80 hingga 100 hektare lahan sudah dilalap api.

"Kendala kita memadamkan api adalah lahan gambut, kencangnya angin dan sumber air di lapangan lokasinya cukup jauh," pungkas kasdim. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru