Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apa Kelanjutan Kerja Tim Audit Perusahaan Sawit?

  • Oleh Naco
  • 20 Februari 2018 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rimbun mempertanyakan kelanjutan kinerja Tim Audit Perkebunan Besar Swasta (PBS) terumasuk perusahaan sawit yang dibentuk Pemkab Kotim tahun lalu.

Karena hingga kini hasil pekerjaan dari tim itu belum terlihat. Tentunya ini sebuah tantangan bagi tim audit sebab kurang lebih dua tahun ini tim tersebut sudah berjalan.

Pertanyaan terus dilontarkan kepada pemkab bagaimana hasil auditnya, apakah operasional perkebunan di lapangan itu sama dengan dokumen perizinan di atas meja atau tidak.

"Jangan hanya ada tim audit tapi progres pekerjannya tidak jelas," kata Rimbun Selasa (20/2/2018).

Setelah dibentuk itu pemkab berjanji untuk menginventarisasi operasional perusahaan dan garapan lahan yang melebihi dari ketentuan perizinan yang diberikan. Namun sayang praktiknya oleh tim itu belum sesai harapan.

Dikatakan Rimbun dari awal pihaknya pesimis dengan tim itu bisa memberikan dan menata kembali investasi disektor perkebunan, fakta yang terjadi hingga sekarang hasil kerja tim masih belum jelas sejauh mana hasil pekerjaan mereka. 

"Kami dari DPRD menunggu janji pemerintah karena sejak tim itu dibentuk beberapa tahun lalu untuk menyikapi tingginya konflik  agraria di daerah ini. Selain itu juga untuk menjawab tudingan bahwa garapan lahan oleh perkebunan melebihi dari perizinan yang diberikan," tegasnya.

Seperti diketahui pemkab beberapa tahun lalu menemukan dua indikasi pelanggaran yakni CV Agro Yaqub di Kecamatan Telawang dengan luas ratusan hektare. Kemudian aktivitas pekebunan ilegal di Kecamatan Seranau, kasus itu sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kotim dan Polres. Sayangnya, hingga kini prosesnya juga tidak jelas. (NACO/B-5)

Berita Terbaru