Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinkes Kalteng Titip Dana Desa untuk Ini

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 24 Februari 2018 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Jumlah anggaran yang masuk ke desa melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) cukup besar. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Suprastija Budi menitip pesan penggunaan anggaran tersebut.

Ya, memang kepala desa dan aparatur lainnya diharapkan mampu mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan dan tujuan pengucuran itu, antara lain pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur yang menunjang perekonomian.

“Membangun desa termasuk di dalamnya adalah bidang kesehatan. Harus ada perhatian untuk kesehatan warga dan dengan DD itu bisa digunakan untuk sarana umum penyediaan air bersih, serta sanitasi desa,” ungkapnya, Sabtu (24/2/2018)

Menurut Budi, poliklinik desa atau Polindes harus aktif menjadi perhatian pemangku kepentingan di desa untuk peningkatan fisik dan prasarananya. Selain itu, juga peningkatan sumber daya masyarakat (SDM) desa untuk perbaikan gizi, lingkungan, dan perilaku hidup sehat.

Sebelumnya diberitakan, Puskesmas dan Puskesmas pembantu (Pustu) tidak mampu memberikan layanan kesehatan hingga menjangkau ke perdesaan jika tidak dibantu dengan pos pelayanan terpadu (Posyandu). Tetapi sayangnya, posyandu yang aktif juga hanya 40%. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru