Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produk Hortikultura Jangan Hanya Jadi Buah Musiman

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 Maret 2018 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Taufiq Mukri meminta Dinas Pertanian mengembangkan produk hortikultura. Diharapkan, komoditas hortikultura tidak hanya menjadi buah musiman saja, namun bisa dipanen sepanjang tahun.

"Itu yang harus diperhatikan, agar bisa digali potensinya untuk dapat terus panen sepanjang tahun, bukan musiman lagi," kata Taufiq Mukri, Kamis (1/3/2018).

Dinas Pertanian bersama instansi terkait lainnya juga membuat perencanaan bagaimana agar dapat menafsirkan hal tersebut. Sehingga penghasilan buah yang potensial di Kotim ini lebih maksimal dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Instansi terkait juga harus menggali potensi buah yang berpotensi menjadi unggulan. Sehingga bisa dilanjutkan untuk didaftarkan varietas lokal buah-buahan Kotim, serta ciri khas menonjol yang berbeda dengan buah-buahan di daerah lain.

"Tindaklanjutnya bisa mendapatkan bibit-bibit buah-buahan yang lebih unggul dan dipasarkan. Apalagi sampai sudah diakui sebagai varietas unggul nasional," kata Taufiq.

Wakil bupati mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus menggali potensi-potensi hasil bumi di Kotim ini. Jangan hanya padi dan buah-buahan saja, tetapi komoditas lainnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru