Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analis: Ada Sentimen Positif Payungi Harga CPO

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 07 Maret 2018 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Riset Paramitra Alfa Sekuritas, Kevin Juido Hutabarat, menilai masih ada sentimen positif yang memayungi sektor kelapa sawit sementara waktu, yakni menguatnya dollar AS. 

"Emiten CPO yang banyak mengekspor berpotensi meraup untung dari selisih kurs," kata Kevin dalam risetnya awal pekan ini.

Kevin tetap mengimbau pelaku pasar mencermati fundamental setiap emiten sebelum memilih sahamnya. Dalam jangka panjang, Kevin belum merekomendasikan beli saham perkebunan.

"Rendahnya permintaan, terutama akibat kebijakan negara tujuan utama ekspor Indonesia, turut menghambat ekspor CPO dan mempengaruhi harga komoditas ini," papar dia.

Investor lebih baik mengambil momentum sentimen saja karena saham ini belum terlihat kembali rebound.

Harga minyak sawit diprediksi dapat naik ke posisi MR2.700/metrik ton ($691) pada Juni, dari MR2.500/mt, ujat analis industri sawit terkemuka, Dorab Mistry.

Meski beberapa faktor global telah menekan harga minyak sawit, menurut Mistry, jika Pemerintah Indonesia memperluas mandatori pemakaian biodiesel ke sektor non-Public Sector Obligation, hal itu akan menurunkan limpahan pasokan di pasar dan itu menyebabkan harga naik. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru