Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Puruk Cahu Jadi Pusat Layanan Integrasi Kartu Mura Sehat ke Program JKN

  • Oleh Trisno
  • 08 Maret 2018 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Setelah resmi diberlakukan per 1 Januari 2018 kini RSUD Puruk Cahu jadi pusat layanan integrasi Kartu Mura Sehat (KMS) ke program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Puruk Cahu Firman Prihatin mengatakan, untuk melayani masyarakat yang ingin mengubah KMS miliknya, RSUD sudah menyiagakan petugas khusus dari BPJS.

“Selain itu juga dibantu petugas dari Dinas Kesehatan dan juga dari pihak kami di RSUD Puruk Cahu sendiri,” kata Firman.

Dengan dibukanya palayanan tersebut, Firman mengimbau masyarakat yang memiliki KMS segera mengubah sehingga bisa mendapatkan layanan yang maksimal bila tidak bisa ditangani di RSUD Puruk Cahu.

“Artinya integrasi KMS ke JKN ini masyarakat bisa berobat ke fasilitas kesehatan manapun dalam lingkup Nasional secara gratis, dengan catatan hanya dilayani untuk kelas tiga saja,” tambah Firman.

Agar proses pergantian ini berjalan cepat dan efektif, Firman juga mengatakan pihak Puskesmas maupun di Puskemas pembantu (Pustu) se-Murung Raya sudah melakukan sosialisasi ditempat tugas masing-masing.

Integrasi KMS ke JKN saat ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Mura, dimana masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan gratis tidak hanya sebatas di RSUD Puruk Cahu namun juga ke Rumah Sakit rujukan di luar daerah.

Salah satunya yang dialami Mondo, warga Kecamatan Tanah Siang yang beberapa waktu lalu mengurus kluarganya yang sakit parah. Di mana karena sudah memiliki kartu KMS dan diitegrasikan ke JKN, dirinya tidak membayar sepeserpun untuk pengobatan hingga rawat inap.

“Bahkan ketika harus ditujuk ke Rumah Sakit di Palangka Raya, pelayanan yang diberikan tetap gratis, bayangkan kalau harus membayar, diperkirakan harus tersedia uang puluhan juta, dan saya sendiri sudah merasakan manfaat dari program tersebut” tuturnya. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru