Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 35 Desa di Kobar Terapkan Aplikasi Siskeudes

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 13 Maret 2018 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Belum semua desa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggunakan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes). Hingga Februari 2018, dari 81 desa di Kobar, baru 35 desa yang menggunakan aplikasi Siskeudes.

Penggunaan aplikasi ini dimulai 2017 lalu dan rencananya 2018 seluruh desa akan diberlakukan penggunaan aplikasi Siskeudes.

Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan dan Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kobar, Sudiharto menjelaskan, penerapan aplikasi Siskeudes terkendala dengan keterbatasan sumber daya manusia (SDM).

"Tenaga yang menguasai komputer di setiap desa itu memang sedikit dan susah untuk dicari. Kita beberapa waktu lalu memanggil orang-orang dari Arut Utara untuk mendalami tentang Siskeudes tersebut," kata Sudiharto, Selasa (13/3/2018).

Pertemuan tersebut dilakukan setiap triwulan supaya mereka menguasai aplikasi Siskeudes. Dari 35 desa tersebut sudah sampai tahap penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan. Ini bisa dibilang sebuah kemajuan karena dari 81 desa yang sudah menggunakan aplikasi ini ada 35 desa.

"Penggunaan aplikasi ini baru dimulai selama satu tahun, sedangkan desa tersebut sudah ada berpuluh-puluh tahun dan baru satu tahun ini dikenalkan aplikasi Siskeudes dengan SDM dan akses internetnya yang belum memadai," ucapnya.

Sedangkan untuk para SKPD yang ada di Kotawaringin Barat butuh waktu dua tahun untuk masa transisi dari manual ke aplikasi dan desa baru dikenalkan aplikasi dari tahun 2017. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru