Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelabuhan Sepi Aktivitas, Pasar Kasongan pun Lengang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Maret 2018 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pasar Kasongan sejak beberapa tahun terakhir semakin sepi dari aktivitas transaksi jual beli. Hal ini seiring dengan sepinya aktivitas Pelabuhan Kasongan yang berada di sekitar pasar.

Menurut pantauan borneonews.co.id Senin (19/3/2018), puluhan kios atau blok di Pasar Kasongan sekitar pelabuhan tutup alias tidak lagi beraktivitas sebagaimana mestinya, terutama sejak dua tahun terakhir. Pasar terlihat lengang.

Padahal lima enam tahun lalu, Pasar Kasongan yang lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Kasongan ini cukup ramai. Jumlah kios ataupun toko yang menjajakan aneka ragam kebutuhan cukup ramai.

"Namun setelah aktivitas Pelabuhan Kasongan semakin sepi berimbas terhadap daya beli di Pasar Kasongan, sebab warga yang datang tidak seramai beberapa tahun lalu," ungkap Yanti, salah seorang pemilik toko sembilan bahan pokok (Sembako) di Pasar Kasongan.

Hal senada diutarakan Heri salah seorang pemilik toko pakaian di Pasar Kasongan. "Sepi sekarang mas, jauh jika dibandingkan dengan lima atau enam tahun lalu," katanya.

Menurut Heri, sepinya transaksi di Pasar Kasongan karena Pelabuhan Kasongan yang ada sekarang sepi aktivitas.

"Kalau dulu banyak kelotok atau speed setiap hari datang dan pergi dari pelabuhan itu, tapi sejak beberapa tahun terakhir sudah tidak ada lagi, sehingga mempengaruhi masyarakat yang bertransaksi di pasar sini," imbuh Heri.

Heri pesimistis Pasar Kasongan bakal seraamai seperti beberapa tahun lalu. Pasalnya, saat ini warga dari pelosok yang datang ke Kasongan tidak lagi melewati Pelabuhan Kasongan.

"Ya lihat saja sekarang kondisinya, banyak pemilik toko di sini pindah ke tepi Jalan Trans Kalimantan atau Jalan Soekarno-Hatta arah Tumbang Samba yang kini mulai ramai," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru