Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai Katingan Bertambah Keruh

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Maret 2018 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Air Sungai Katingan sejak beberapa hari terakhir tampak bertambah keruh dari sebelumnya yang memang sudah keruh.

Menurut warga sekitar bantaran Sungai Katingan, selain berwarna kekuningan, air sungai juga tampak bercampur lumpur. "Ada campur lumpur yang mengalir, jadi sekarang airnya tambah keruh dari sebelumnya yang memang juga sudah keruh," ujar Saiful, warga Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir, Jumat (23/3/2018).

Saiful yang mengaku memiliki usaha keramba ikan di Sungai Katingan ini mengaku khawatir dengan kondisi air sungai yang terus memburuk. "Kemarin-kemarin waktu masih ada hujan airnya tidak seperti ini, walau keruh, lumpurnya tidak kelihatan larut. Sudah dua hari ini sepertinya ada lumpur yang larut sehingga airnya keruh," imbuhya.

Warga lain menuding, keruhnya air Sungai Katingan ini karena kegiatan penambangan tanpa izin (PETI) di bagian hulu sampai saat ini masih terjadi.

"Saya yakin kalau tidak ada aktivitas penambangan tanpa izin terutama di Sungai Katingan ini, maka kualitas air sungai akan lebih baik dari yang ada sekarang, tapi kalau kegiatan penambangan tanpa izin masih berlangsung jangan harap air sungai ini bisa jernih," katanya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru