Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Berupaya Tingkatkan Populasi Ikan Jelawat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 April 2018 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini Ikan Jelawat menjadi ikon Kota di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Pemkab Kotim terus berupaya meningkatkan populasi Ikan Jelawat.

"Kalau hanya berharap dari alam bebas saja, maka akan terus berkurang karena diambil. Tetapi dengan adanya pengembangan, diharapkan populasinya terus bertambah," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Kamis (1/4/2018).
 
Bupati menginginkan, Ikan Jelawat bisa ditemukan dimana saja dan kapan saja tanpa menunggu pengiriman dari daerah pelosok. Karena budidayanya ada di sejumlah tempat.

"Tidak ada alasan bahwa tidak cocok dikembangkan di daerah ini, karena sebelumnya jelawat banyak ditemukan di Kotim ini," kata Supian.

Tetapi, karena adanya perubahan iklim dan kondisi alam serta beberapa faktor lain, belakangan Ikan Jelawat sulit dibudidayakan di daerah ini. Bahkan beberapa tempat keramba yang dijadikan tempat budidaya tidak berkembang, karena banyak bibit yang mati.

Walaupun begitu, Pemkab Kotim terus berupaya melakukan pengembangan. Bahkan Dinas Perikanan langsung turun untuk membantu masyarakat mengembangkan Ikan Jelawat tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru