Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja Diikuti 128 Orang 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 April 2018 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelatihan dan pendidikan keterampilan bagi para pencari kerja yang diadakan oleh Dinas Keternagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diikuti sebanyak 128 orang. 

Di mana mereka merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang baru saja melaksanakan ujian sepekan yang lalu. 

"Sebanyak 128 orang tersebut merupakan klas XII dari sejumlah sekolah, yang tidak berniat melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehingga langsung kami berikan pelatihan dan pendidikan kerja, untuk terjun ke dunia pekerjaan nantinya," ujar Kepala Disnakertrans Kotim Sugian Noor, Senin (16/4/2018). 

Dari 128 orang tersebut, mereka akan mengikuti pelatihan dengan berbagai macam jurusan atau kejuruan. Diantaranya adalah pertanian dan perkebunan, komputer, tata boga, anyaman rotan, mekanik mobil diesel, mekanik mobil bensin, mekanik alat berat, dan elektronika. 

"Nantinya mereka akan ditempatkan di beberapa perusahaan atau wadah keterampilan. Sehingga bisa langsung praktik di lapangan agar lebih maksimal, dengan waktu pelatihan selama sebulan sejak Senin (16/4/2018). 

Adapun tempat yang untuk para peserta melakukan pelatihan tersebut yakni, untuk kejuruan pertanian dan perkebunan di SMKN 4 Sampit, kejuruan komputer di LPP Quantum Sampit, kejuruan tata boga di Kecamatan Kota Besi, kejuruan anyaman rotan di Kecamatan Cempaga, kejuruan mobil diesel di UPTD Loka Latihan Kerja Kotim, kejuruan mobil bensin di PT Anzon Auto Plaza, kejuruan alat berat di PT United Traktor, dan kejuruan elektronik di Kecamatan Cempaga Hulu. 

"Mudah-mudahan ini bisa diikuti dengan baik. Sehingga nantinya mereka dapat masuk ketempat kerja yang lebih layak dan nyaman, sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing," kata Sugian. 

Dirinya juga berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Jangan sampai disia-siakan kesempatan tersebut. Agar dapat bersaing dengan pencari kerja dari luar angkasa nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru