Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kampung Pintar, Cara Mengubah Interaksi Masyarakat

  • Oleh Norhasanah
  • 17 April 2018 - 05:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Ahmad Dirman menerangkan, membangun kampung pintar tidak hanya mengenai kecanggihan teknologi. Tetapi, juga adanyab upaya mengubah kapasitas masyarakat berinteraksi.

"Membangun kampung pintar tidak semata-mata terbatas pada kecanggihan informasi komunikasi dan teknologi saja. Yang lebih utama dan perlu ditekankan adalan konsep untuk mengubah cara interaksi masyarakanya," kata Ahmad Dirman, Senin (16/4/2018).

Dirman menjelaskan, untuk mengelola sumberdaya desa secara efektif, efisien dan berkelanjutan, maka personel Kampung Pintar bisa terpusat di desa.

"Jadi, desa dan balai desa akan terus dikunjungi masyarakat dengan berbagai berragam aktivitas," ujarnya.

Dia menjelaskan, Kampung Pintar atau kampung cerdas pada dasarnya merupakan kampung mandiri yang memiliki karakter dan pontensi kearifan lokal. Dan bisa dikembangkan untuk menciptakan maupun meningkatkan produktivitas melalui pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

"Kita berharap dengan ditetapkannya kampung pintar ini maka bisa menjadi pintu gerbang perubahan desa," harap Ahmad Dirman. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru