Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kotim Mulai Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 April 2018 - 02:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) bersama PPK, PPS, dan Pantarlih mula melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih sebagai tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Seperti yang dilakukan pada Selasa (17/4/2018), di kediaman Ketua Karang Taruna (Kartar) Kalimantan Tengah, Abdul Hafid. Jurnalis senior di Kotim ini bakal maju dalam bursa pencalonan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

"Hari ini kami sudah memulai melakukan coklit di beberapa tempat. Sasaran awal tokoh masyarakat, pemuda, dan agama," kata Komisioner KPU Kotim, Sugiono. 

Coklit ini dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia, sejak 17 April hingga 17 Mei 2018. Para petugas akan bekerja maksimal untuk melakukan pendataan, setiap harinya. 

"Para petugas akan bekerja selama 24 jam penuh, mereka akan berupaya agar semua masyarakat terdata. Sehingga warga dapat terpenuhi hak-haknya pada Pemilu 2019 mendatang," kata Sugiono. 

Adapun syarat untuk pencocokan dan penelitian ini sesuai aturan yaitu menggunakan Kartu Keluarga dan KTP elektronik. Kalau belum lengkap, agar melengkapi dengan melaporkan ke disdukcapil, sehingga bisa terdata dan memenuhi syarat. 

Diharapkan, masyarakat bisa bekerjasama, terutama dalam pendataan. Jsngan sampai ada yang ditutup-tutupi kepada petugas yang bisa mengganggu proses coklit. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru