Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SOPD di Barito Timur Diminta Siapkan Tenaga Arsiparis

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 20 April 2018 - 00:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang- Dinas Perpustakaan dan Aset Daerah Kabupaten Barito Timur meminta satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) menyiapkan pegawai sebagai arsiparis.

Permintaan itu disampaikan lantaran selama ini kearsipan di Kabupaten Barito Timur tidak berjalan dengan maksimal.

"Ada pegawai yang diangkat tenaga arsiparis namun penempatanya hanya di kantor arsip. Seharusnya di setiap kantor ada tenaga arsiparis. Fungsinya untuk mengarsipkan setiap dokumen yang ada di setiap kantor dan menyelamatkan dokumen penting yang bernilai untuk dipertanggungjawabkan,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Aset Daerah Barito Timur Frindiano Leloni, Kamis (19/4/2018).

Lanjut dia, pihaknya belum pernah melaksanakan sosialisai dan bimbingan teknis tentang kearsipan. "Kita akan anggarkan pada 2019 untuk menjalankan program kerja secara maksimal," ujarnya.

"Kita berharap bila sudah berjalan sosialisai tentang kearsipan, nantinya setiap SOPD, BUMN atau BUMD dapat bekerjasama, dapat menyimpan arsip di kantor kearsipan."

"Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, setiap instansi diwajibkan menyimpan arsip di kantor kearsipan, dan kita berharap kerjasamanya," tutur Findiano. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru