Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Anak PAUD Panggil Guru Mereka dengan Sebutan Bunda

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 21 April 2018 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Anak di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memanggil guru perempuan mereka dengan sebutan bunda.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar Salundik, menyebut panggilan itu digunakan agar anak merasa memiliki hubungan secara psikis dengan guru mereka.

Dengan begitu, anak akan merasa nyaman saat berada di sekolah. Selain itu, anak diharapkan tidak lagi tertutup dengan guru mereka.

"Sehingga anak-anak akan menganggap guru sebagai orang tua sendiri dan guru pun akan menganggap anak tersebut seperti anak mereka sendiri. Dengan begitu, pola asuh di PAUD akan terjalin secara psikis," katanya, Jumat (20/4/2018).

Tujuan lain dari panggilan bunda ialah untuk membangun hubungan kejiwaan antara anak dan guru. Sehingga dalam pola asuh tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan baik. Sehingga tidak ada perbedaan antara anak dan guru.

"Untuk pola asuh dan didik di PAUD ini sangat bagus karena perjuangan untuk membentuk generasi emas. Sehingga kalau anak sudah dididik dari PAUD maka mereka akan sangat cepat untuk bersosialisasi dengan teman-teman barunya," ucap Salundik.

Pasalnya, selama di PAUD anak sudah mengerti cara berteman dengan sebaya mereka dan tata cara hormat dengan orang yang lebih tua. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru