Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimalkan Penggunaan Air Jangan Buang Air Besar di Sungai

  • Oleh Naco
  • 06 Mei 2018 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H Supriadi prihatin atas kondisi dan kultur masyarakat yang buang air besar di sungai. Pemkab diminta memikirkan relokasi jamban ke darat sehingga sumber daya air di sungai bisa dioptimalkan penggunaanya.

“Kita ingin bagaimana agar kebiasan buang air di sungai itu bisa diminimalisir, pemerintah harus memprogramkan relokasi ke daratan untuk pola hidup yang bersih, “ kata Supriadi, Minggu (6/5/2018).

Supriadi menegaskan jika dilakukan relokasi itu memang tidak cukup dalam waktu yang singkat. Namun, pemerintah bisa melakukan dan memprogramkanya secara berkelanjutan di setiap tahun. 

Hinga pada akhirnya desa  yang masih berpola jamban di sungai itu semuanya berpindah ke daratan. Banyak manfaat jika pola hidup itu diubah. 

Efek positifnya akan muncul, maka dari itu sangat disayangnya jika sungai jadi andalan kehidupan sejak dulu ini tidak direhabilitasi bersama untuk anak cucu mendatang.

Dia menegaskan  agar kedepannya memang hal demikian perlu dibicarakan bersama dengan pemerintah. Ketika persoalan anggaran jadi kendala maka masih banyak pilihan yang bisa menjadi jalan keluar. Diantaranya  program dari kepedulian sosial perusahaan perkebunan ataupun pertambangan. 

Ini lanjut dia harus dipikirkan bersama karena ini bukan tugas  pemerintah saja secara utuh tetapi juga harus  bersama-sama dengan pihak swasta yang ada di Kotim. (NACO/B-5)

Berita Terbaru