Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Perhatikan Warga Lokal Kalah Bersaing Menembus Bursa Tenaga Kerja

  • Oleh Ramadani
  • 20 Mei 2018 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Wakil Ketua DPRD Barito Utara (Barut)  Acep Tion memperhatikan warga lokal yang dinilai masih kalah bersaing dalam menembus ketatnya seleksi mencari pekerjaan.

“Kurangnya penyerapan pencari kerja asal Barut  pada lapangan kerja yang tersedia, disebabkan kurangnya kemampuan pencari kerja dalam bersaing dengan pencari kerja asal luar daerah,” kata Acep Tion, Minggu (20/5/2018).  

Berangkat dari keprihatinan itu, maka hendaknya pemerintah mengoptimalkan Balai Latihan kerja (BLK) untuk memberikan ruang kepada generasi muda atau masyarakat guna mengasah kemampuannya.

“Namun harus dibarengi dengan kebutuhan perusahaan dalam perekrutan  karyawannya, sehingga pencari tidak kalah bersaing dengan tenaga dari luar daerah,” katanya.

Dia meyakini BLK  akan terus memberi andil dalam pengembangan kualitas, khususnya peningkatan keterampilan dan keahlian kerja bagi sumber daya manusia (SDM).

“Tidak kalah penting juga akan mendorong dan mengembangkan jiwa wirausaha masyarakat Barut, sebagai bekal utama menuju usaha mandiri dan membuka lapangan kerja sendiri,” tutur pria yang akrab di sapa Cecep ini.

Dia menambahkan, Barut memiliki potensi perkebunan dan pertanian yang sangat besar untuk dikembangkan ke depan, namun usaha yang menjanjikan tidak semata-mata terbatas pada kedua bidang tersebut. 

“Keberadaan orang-orang yang memiliki keterampilan khusus, seperti tenaga ahli perbaikan rumah, kendaraan, pertukangan dan lain sebagainya, memiliki prospek yang baik dan menjanjikan, karena juga sangat dibutuhkan masyarakat,” tukas Acep Tion. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru